3 cara merawat hidung

seorang dalam bidang alergi dan imunologi di Klinik Lahey di Burlington yang bernama Josep E. Kelleher, MD, menyatakan bahwa hidung dan sinus merupakan garis pertahanan pertama dalam sistem pernafasan, dimana keduanya terdiri dari beberapa jaringan seperti membran mukosa, serta silia yang bertujuan untuk menyaring serta melembabkan udara yang kita hirup. Jika hidung kita mengalami masalah atau gangguan kesehatan, maka organ tersebut tidak akan dapat bekerja dengan baik dan akan berdampak pada kesehatan organ tubuh lainnya seperti masalah pernafasan maupun masalah pada suara Anda. ”

Lalu apa saja yang perlu kita lakukan agar hidung kita tetap dalam kondisi yang sehat? Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan guna mendapatkan indera penciuman tersebut tetap sehat, diantaranya adalah :

1. Lindungi hidung dari debu dan polusi lainnya

Saat melakukan aktivitas di tempat-tempat yang banyak mengandung debu maupun pada saat sedang berkendara, hal itu akan menyebabkan hidung Anda menghirup zat-zat yang sangat berbahaya bagi kesehatan Anda. Debu serta udara yang telah tercemar yang terhirup akan membuat hidung menjadi kotor. Nah, untuk melindungi organ tersebut, maka sebaiknya Anda menutup hidung atau menggunakan masker selama beraktivitas di tempat-tempat tersebut.

2. Berusaha menghindari sumber alergi

Jika Anda seorang penderita alergi, maka yang perlu dilakukan adalah meminimalkan kontak dengan sumber-sumber alergi seperti debu, serbuk sari, bulu binatang, maupun sumber lainnya guna mencegah kerusakan pada organ hidung dan sinus Anda.

3. Meningkatkan kualitas udara yang bersih di lingkungan

Ini merupakan salah satu langkah sederhana dalam upaya melindungi hidung dari hal-hal yang dapat merugikan kesehatannya. Adapun hal-hal yang harus dilakukan guna menciptakan udara yang bersih di lingkungan sekitar Anda agar dapat menurunkan resiko indera penciuman Anda tersebut dari gangguan kesehatan antara lain adalah :

  • Mencuci gorden maupun sprei tempat tidur secara rutin (minimal 2 hari sekali)
  • Mengganti karpet lantai misalnya dengan ubin kayu
  • Bersihkan mainan anak-anak dari debu dan kotoran
  • Mengganti bantal secara rutin
  • Jangan biarkan hewan peliharaan seperti kucing singgah di tempat tidur
  • Pergunakan filter udara
  • Lengkapi rumah dengan ventilasi atau jendela agar bisa terjadi sirkulasi udara dalam ruangan
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s